PERAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP PENENTUAN KARIER SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN A DI SMK NEGERI 2 DEPOK

Ichwandanu Budi Prabowo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Widarto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pemahaman diri siswa, pemahaman dunia kerja, dan menemukan peran layanan bimbingan karier terhadap penentuan karier siswa kelas XI TPA di SMK Negeri 2 Depok. Penelitian ini termasuk penelitian pre-experiment yang menggunakan desain one group pretest and posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Pemahaman diri siswa sebelum diberikan layanan bimbingan karier masuk dalam kategori sedang dan setelah diberikan layanan bimbingan karier meningkat menjadi baik; (2) Pemahaman dunia kerja siswa sebelum diberikan layanan bimbingan karier masuk dalam kategori sedang dan setelah diberikan layanan bimbingan karier meningkat menjadi baik; (3) Layanan bimbingan karier mempunyai peran untuk meningkatkan kemampuan penentuan karier siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa layanan bimbingan karier meningkatkan kemampuan penentuan karier siswa dari kategori sedang menjadi kategori baik dengan peningkatan sebesar 38.08%.

This study aimed to gather information on students’ self-esteem, students’ understanding of the working world, and to define the role of career guidance services on career decision of the 11th grade students of TPA in SMK N 2 Depok. This research is a pre-experimental research using one group pretest and posttest design. Data collection techniques in this study were using a multiple-choice test in the form of pretest and posttest. Data analysis being used was descriptive analysis. The results conclude that (1) before the career guidance, students’ self-esteem is in the category of satisfactory and after the career guidance it is in the category of good; (2) The understanding of the working world before career guidance is in the category of satisfactory and after the career guidance services it is in the category of good; (3) career guidance services have a role to improve the career decision making of the students, which can be seen from the improvement of the category from satisfactory to  good with an increase of 38.08%.


Keywords


Bimbingan karir, Penentuan karir, Pemahaman diri, Pemahaman dunia kerja; Career guidance, Career decision, Self-esteem, Working world

Full Text:

PDF

References


Agustina Isnaeny. (2013). Pengaruh Bimbingan Karir Terhadap Pemilihan Karir Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi, tidak dipublikasikan. IKIP PGRI Semarang.

Arifah. (2005). Pengaruh Bimbingan Karier terhadap Kemandirian Siswa dalam Memilih Karier pada Siswa Kelas III SMK Negeri 2 Magelang (Kelompok Bisnis dan Manajemen) Tahun Pelajaran 2005/2006. Diakses tanggal 9 Maret 2014 dari http://lib.unnes.ac.id/422/.

Heronimus Delu Pingge. (2011). Peran Bimbingan Karier dalam Menentukan Arah Pilihan Karier Siswa SMA Negeri 2 Kupang. Diakses tanggal 9 Maret 2014 dari http://delupingge.blogspot.com/2012/09/peran-bimbingan-karier-dalam-menentukan.html.

Prayitno & Erman Amti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan Karier. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukandarrumidi. (2006). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Tohirin. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasyah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Diakses tanggal 25 Februari 2014 dari www.kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf

Wowo Sunaryo Kuswana. (2013). Filsafat Pendidikan Teknologi, Vokasi dan Kejuruan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i5.3296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin