PENERAPAN TEAM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN AUTOCAD DI SMKN 1 MAGELANG
Yatin Ngadiyono, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Team Based Learning (TBL) pada prestasi belajar siswa kelas XI Mesin SMKN 1 Magelang dalam pelajaran AutoCAD. Data pada penelitian quasi eksperimen dikumpulkan melalui pretest dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan TBL dalam mata pelajaran AutoCAD berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan oleh uji hipotesis yang menyatakan bahwa Zhitung (4331,31) < Ztabel (1,96). Lebih jauh, uji hipotesis juga menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran yang menggunakan TBL dengan pembelajaran menggunakan ceramah dan ilustrasi yang ditunjukkan oleh Zhitung (5105) < Ztabel (1,96).
This research aims to study the effect of Team Based Learning (TBL) on student achievement in AutoCAD subjects. The research was conducted on Mechanical Engineering Students of class XI at SMK N 1 Magelang. The incorporates a quasi-experiment research. Data were collected using Tests method, conducted twice for pre-test post-test.. The results show positive and significant effects of the applied TBL strategy which were indicated by the hypothesis test results of Zh (4331,31) which is less than Zt (1,96). In addition, there are differences in students achievement between the classical learning and TBL on AutoCAD Basic subject, as indicated by the hypothesis test result of Zh (5105) which is less than Zt (1,96).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Wali Press.
Faad Maonde. (2011). Aplikasi Penelitian Eksperimen Dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Kendari: Unhalu Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses pada tanggal 16 April 2014 dari http://www.dikti.go.id/files/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf.
PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Diakses pada tanggal 6 Mei 2015 dari http://www.hukumonline.com/pusatdata/.
Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iis Rahayu. (2009). Penerapan Metode Team Based Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Diakses tanggal 20 Februari 2015 dari http://library.uns.ac.id/
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i3.3276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin