PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INVENTOR DENGAN KELENGKAPAN VIDEO TUTORIAL UNTUK SISWA TEKNIK PEMESINAN
Tiwan -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan modul pembelajaran inventor dengan kelengkapan video tutorial untuk siswa kelas XII, dan 2) mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran inventor dengan kelengkapan video tutorial yang telah dihasilkan untuk siswa kelas XII. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) modul pembelajaran inventor dengan kelengkapan video tutorial untuk siswa Teknik Pemesinan dihasilkan melalui 11 langkah, yaitu: identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain modul pembelajaran dan video tutorial, validasi desain modul pembelajaran dan video tutorial, revisi desain modul pembelajaran dan video tutorial, pembuatan produk, uji coba terbatas, revisi produk 1, uji coba keterbacaan, revisi produk 2, dan produk siap digunakan. 2) Tingkat kelayakan modul pembelajaran inventor dengan kelengkapan video tutorial adalah: (a) hasil validasi ahli materi didapat rerata 3.56, (b) hasil validasi ahli media didapat rerata 3,55, (c) uji coba terbatas didapat rerata 3,30, (d) uji coba keterbacaan didapat rerata 3,19, (e) rerata total 3,40.
This research aims to: 1) produce Inventor® learning modules with video tutorials for class XII students, and 2) determine the feasibility of learning modules completed with video tutorials that have been produced. The design of the study is research and development. The results are: 1) Inventor® learning modules with video tutorials for students in machining major incorporate 11 steps, which are: problem identification, collection of information, learning modules and video tutorials design, validation of learning modules and video tutorials design, revision of learning module and video tutorials design, production, limited testing, first product-revision, readability testing, second product-revision, and implementation of the product; 2) The feasibility of Inventor® learning modules with video tutorials which results are as follows: validation by materials experts (3,56 in average), validation by media experts (3,55 in average), limited testing (3,30 in average), and readability (3,40 in average).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: P3AIUPI.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
S. Eko Putro Widoyoko. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
S. Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem pendidikan Nasional. Jakarta.
Yudhi Munadi. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i3.3275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin