PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR LAS LANJUT KELAS XI TEKNIK PEMESINAN

Candra Tri Prabowo, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Aan Ardian, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Project Based Learning terhadap prestasi belajar las lanjut siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini termasuk penelitian quasi-experiment. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Project Based Learning (X1), metode pembelajaran konvensional (X2) dan prestasi belajar (Y). Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 61 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes yang berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis parametris. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara metode pembelajaran Project Based Learning dan metode pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar las lanjut. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis analisis uji-t diperoleh nilai t hitung sebesar 4,45 dan besarnya t table dengan taraf signifikan 5% adalah 2,05. Besarnya t hitung (4,45) > t table (2,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

The aim of this research is to determine the effect of project based learning method toward learning performance in advanced welding class. The research were carried out on class XI students of Machining Major in SMK Muhammadiyah Prambanan. This study is a quasi-experimental research. The variables are project based learning method as X1, conventional learning as X2, and student learning performance as Y. The sample consist of 61 students. The data were collected using pre-test and post-test and were analyzed using parametic analysis. The result shows that there is an effect among the program based learning method, conventional learning and advanced welding learning performance. The hyphotesis is analized using t-test analysis. The results shows that tcount is 4.45 and ttable is 2.05, with 5% significance. tcount (4.45) is higher than ttable (2.05) which indicates that Ho is rejected, while Ha is accepted.


Keywords


Project Based Learning, Prestasi belajar, Las lanjut; Project Based Learning, Aadvanced welding, conventional, Learning performance.

Full Text:

PDF

References


Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2007). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Made wena. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pasaribu & Simanjuntak. (1993). Pengertian metode pembelajaran. Jakarta: Pustaka Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i3.3274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin