PENGARUH KEAKTIFAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN OSIS TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA
Aan Ardian, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan OSIS terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK PIRI 1 Yogyakarta. Penentuan jumlah sampel menggunakan nomogram Harry King dengan taraf kesalahan 7% sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan cara diundi. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan OSIS dapat meningkatkan kesiapan kerja siswa berturut-turut mengikuti persamaan Y=0,407X1+41,791 dan Y=0,305X2+48,045. Lebih jauh lagi keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan OSIS secara bersama-sama meningkatkan kesiapan kerja siswa mengikuti persamaan Y=0,292X1+0,190X2+33,361.
The purpose of this study was to determine the effect of activeness in extracurricular and OSIS activities on students work readiness. This was ex-post facto research where the populations were all of students in class XII SMK PIRI 1 Yogyakarta. Samples determination was using a nomogram Harry King with a standard error of 7% so that obtained 70 respondents. Simple random sampling technique by draw was used to take samples. Data were collected by questionnaire and then analyzed using simple and multiple regression analysis. The result shows that activeness in extracurricular and OSIS activities would improve students work readiness according to the equation Y=0,407X1+41,791 and Y =0,305X2+ 48,045 respectively. Furthermore, activeness in extracurricular and OSIS activities simultaneously enhancing students work readiness by equation Y= 0,292X1+ 0,190X2+ 33,361.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus, Fitri Yanto. (2006). Ketidak Siapan Memasuki Duia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dinamika Cipta.
Badan Pusat Statistik. (2014). Keadaan Tenaga Kerja Februari 2014. Diakses tanggal 24 Juli 2014 dari http://www.bps.go.id//.
Handoko Cahyandaru. (2013). Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Yogyakarta II. Skipsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Heri Gunawan. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Ratna Sari. (2012). Peran Praktik Industri dalam Menunjang Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Busana SMK Karya Rini Yogyakarta. Skipsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohinah M. N. (2012). The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani.
Sukardi. (2011). Statistika Pendidikan untuk Penelitian dan Pengelolaan Lembaga Diklat: Yogyakarta: Usaha Keluarga
-------- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i2.3267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin