EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PRAKTIK BENGKEL DI BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK (BLPT) YOGYAKARTA
Sukardi -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pembelajaran praktik di BLPT Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 153 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratifikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran praktik dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan hasil pembelajaran praktik bengkel di BLPT Yogyakarta sudah baik tinggal dipertahankan.
This research aims to obtain an overview of practice learning at BLPT Yogyakarta. This is descriptive research with quantitative approach. The research population were students of grade X and XI of Mechanical Engineering Department SMK Negeri 2 Yogyakarta. The samples were 153 students which determined by stratification technique. Data collecting method were questionnaire, observation and documentation. Data analysis technique was descriptive and inferential analysis. The research result shows that the workshop practice implementation that consist of plan, realization, evaluation and learning outcomes at BLPT Yogyakarta was already good and should be maintained.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim. (2014). 2014 Human Development Report UNDP. Diakses tanggal 20 Februari 2015 dari www. UNDP.org.
Anonim. (2014). Pengganguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 2004-2014. Diakses 17 Maret 2015 dari http://bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/972.
Herdaru Purnomo. (2014). Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia, RI Masuk 4 Besar. Diakses tanggal 16 Februari 2015 dari http://finance.detik.com/read/2014/03/06/134053/2517461/4/negara-dengan-penduduk-terbanyak-di-dunia-ri-masuk-4-besar.
Larso. (2014). Kompetensi Rendah Jadi Penyebab Pengganguran SMK Meningkat. Diakses tanggal 20 Februari 2015 dari http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/11/17/nf6id6-kompetensi-rendah-jadi-penyebab-pengangguran-smk-meningkat.
------ . (1990). Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Ratih Keswara. (2013). Optimalisasi Ketrampilan Tingkatkan Kompetensi Siswa. Diakses tanggal 17 Februari 2015 dari http://nasional.sindonews.com/read/727757/15/optimalisasi-keterampilan-tingkatkan-kompetensi-siswa-1363346982.
Sukardi. (2011). Statistika Pendidikan untuk Penelitian Pengelolaan Lembaga Diklat. Yogyakarta: Usaha Keluarga.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i2.3265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin