OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DKKTM DENGAN MODEL JIGSAW DI SMKN 2 PENGASIH

Dumas Rasid Ramadhan, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Paryanto -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan prosedur model Jigsaw, serta mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa dengan model Jigsaw pada mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Mesin (DKKTM). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Objek penelitian ini adalah siswa kelas 2 TP. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu (1) Diperoleh proses prosedur Jigsaw yaitu membentuk kelompok terdiri atas 5 anggota, Siswa berdiskusi dengan membentuk kelompok ahli. Anggota kelompok kembali ke kelompok asal. Setiap anggota diuji melalui kuis. Kelompok yang memperoleh poin terbanyak adalah kelompok 2; (2) keaktifan siswa pada siklus I sebesar 66,51%, pada siklus II sebesar 80.12%; (3) Nilai hasil belajar siswa sebesar 6,2 (pra-siklus), 7,6 (siklus I), 8,3 (siklus II).

This resarch aims to describe the procedure Jigsaw models. determine students’ activeness and achievement using Jigsaw model in the DKKTM. This study uses a Class Action Research approach. The object of this research is the second year’s student II TP. The data collection techniques are observation, achivement tests, questionnaires, and documentation. The data analysis technique is qualitative descriptive technique. The results of this study are (1) The procedure description of the Jigsaw model are to define group that 5 member, The discuss of the topic with the expert groups, to go back to the initial group. Each member of the group tests by a quiz. The group that gets the most point is group2.(2) The students activity in the first cycle is 66.51% and the second cycle is 80.12.(3)The student’s Achivement of DKKTM in the first cycle is 7.6 and the second cycle is 8.3.

 


Keywords


Optimalisasi Pembelajaran, Pembelajaran DKKTM, Model Jigsaw; Learning optimalization, Learning of DKKTM, Jigsaw Model

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Refika Aditama.

Hanik Rochmawati. (2010). Penerapan model pembelejaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok persamaan linear satu variable semester 1 kelas VII A MTs NU Miftahut Tholibin Kudus. Diakses tanggal 4 Juni 2014 dari http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/97/jtptiain-gdl-hanikrochm-4829-1-skripsi_-9.pdf

Isjoni, (2009). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, Bandung: Alfabeta.

Miftahul Huda. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nur Azizah. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan di Smk Wongsorejo Gombong. Diakses tanggal 4 Juni 2014 dari http://eprints.uny.ac.id/10164/1/JURNAL%20PENELITIAN.pdf.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v3i2.3264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin