PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK MESIN SISWA KELAS X SMK N 2 WONOSARI
Dwi Rahdiyanta, Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk akhir media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Dasar Teknik Mesin dan mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yang menggunakan metode pengumpulan data angket. Penelitian ini menghasilkan Media pembelajaran berbasis android dalam mata pelajaran Dasar Teknik Mesin yang dilengkapi efek sound sentuhan, backsound, materi beserta gambar, video tutorial mengikir, latihan soal, dan evaluasi. Aplikasi ini berukuran 43,50 MB dan dapat di instal pada sistem android dengan ketentuan spesifikasi minimal RAM sebesar 512 MB, layar ukuran 3,5 inchi dengan sistem operasi minimal android 4.0 ice cream sandwich. Dengan hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 92,85% dengan kategori Sangat Layak, oleh ahli media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 92,52% dengan kategori Sangat Layak, dan oleh siswa mendapatkan persentase kelayakan sebesar 86,55% dengan kategori Sangat Layak.
The purpose of this study was to produce the final product of android-based learning media in the Basic Mechanical Engineering subject and determine the feasibility of the learning media. This research is a research and development with ADDIE development model, which uses a questionnaire data collection method. This research produces android-based learning media in Basic Mechanical Engineering subjects which are equipped with touch sound effects, backsound, materials and pictures, video tutorials for filing, practice questions, and evaluations. This application is 43.50 MB in size and can be installed on the Android system with minimum specifications of 512 MB RAM, 3.5 inch screen with a minimum operating system of Android 4.0 Ice Cream Sandwich. With the results of the feasibility assessment by material experts getting a percentage of 92.85% in the Very Eligible category, by media experts getting a feasibility percentage of 92.52% in the Very Eligible category, and by students getting a feasibility percentage of 86.55% in the Very Eligible category .
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v10i1.19122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.