KUALITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROSES PEMESINAN BUBUT DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN
Dwi Rahdiyanta, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran pemesinan bubut ditinjau dari materi pembelajaran yang sudah diajarkan, baik dari aspek penghambat maupun aspek pendukungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Instrumen dalam mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Angket digunakan untuk mendapatkan data dari siswa. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pendukung. Wawancara dilakukan untuk memperoleh data dari guru. Sedangkan observasi dilakukan untuk mengetahui kondisi secara langsung. Tingkat kemampuan siswa memperoleh nilai sebesar (79,9%) dengan kategori sangat layak, kemudian tingkat ketersediaan sarana prasarana yang digunakan dalam pembelajaran praktik mendapatkan nilai sebesar (87%) dengan kategori sangat layak.
The research was carried out with the aim of knowing the quality of the lathe machining learning process in terms of the learning material that had been taught, both from its inhibiting and supporting aspects. The method used in this research is descriptive. Instruments in collecting data used in this study used questionnaires, documentation, interviews and observations. Questionnaires are used to get data from students. Documentation is used to obtain supporting data. Interviews were conducted to obtain data from teachers. Meanwhile, observations were made to determine the conditions directly. The level of student ability obtained a score of (79.9%) with a very feasible category, then the level of availability of infrastructure used in practical learning got a score of (87%) with a very feasible category.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v8i2.17026
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin