PENGARUH BIMBINGAN KEJURUAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELOMPOK XI JURUSAN TEKNIK MESIN DI SMK N 2 WONOSARI
Thomas Sukardi, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kesiapan kerja siswa antara kelompok yang diberi perlakuan berupa Bimbingan Kejuruan dengan kelompok yang tidak diberi perlakuan Bimbingan Kejuruan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen. Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin di SMK N 2 Wonosari. Data penelitian didapatkan menggunakan kuesioner/angket yang diberikan pada pretest dan posttest. Data kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kesiapan kerja yang signifikan antara kelompok eksperimen yang diberi materi Bimbingan Kejuruan dengan kelompok kontrol yang tidak diberi materi Bimbingan Kejuruan, serta terdapat peningkatan kesiapan kerja pada kelompok eksperimen.
This study aims to determine the differences in student work readiness between groups that are treated in the form of Vocational Guidance with groups that are not given Vocational Guidance treatment. This type of research is a quasi-experimental study. Respondents in this study were students of class XI Mechanical Engineering Department at SMK N 2 Wonosari. The research data were obtained using a questionnaire / questionnaire given to the pretest and posttest. Data were analyzed descriptively quantitatively. The results of this study indicate that there are significant differences in work readiness between the experimental group who were given Vocational Guidance material and the control group who were not given Vocational Guidance material, and there was an increase in work readiness in the experimental group.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v8i1.17008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin