HAMBATAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DASAR PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN
Moch Alip, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan belajar pada mata pelajaran Teknologi Mekanik dasar program keahlian Teknik Pemesinan. Jenis penelitian ini deskriptif, kuantitatif, dan populasi. Data dikumpulkan melalui dokumen dan angket. Pengujian validitas instrumen menggunakan pendapat para ahli. Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan teknik Spearman Brown. Analisis data menggunakan hitungan skor hambatan belajar dan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hambatan belajar dari segi internal adalah kesiapan, minat, dan waktu belajar dengan persentase skor sebesar 68,1%, 69,7%, dan 70,8% dalam kriteria kurang menghambat, faktor kesiapan dan minat menunjukkan adanya tingkat hubungan sedang dan rendah terhadap prestasi belajar (r) sebesar 0,452 dan 0,264, kontribusi pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 20,4% dan 6,9%. Persamaan regresi sederhana faktor kesiapan dan minat adalah Y=68,006+0,82X1 dan Y=72,870+0,341X2.
The purposes of this research is to identify the learning obstacles in Basic Mechanical Technology subject in Machining Program. The method in this research are descriptive, quantitative and population approach. Data were collected by means of documentation and questionnaire. Instruments validity were tested by expert judgments. The reliability of the instruments were tested using Spearman Brown technique. Data were analyzed using score calculation of learning obstacles and Simple Regression Analysis. The results reveal that the internal factors indicating the learning obstacles of Mechanical Technology subject are readiness, interest, and study time with percetages of 68,1%, 69,7%, and 70,8%, respectively. They are in the category of low inhibition. The readiness and interest factors show a medium and low relations toward learning achievement (r) with a score of 0.452 and 0.264, respectively. These factors contribute an effect to learning achievement by 20,4% and 6,9%. The Simple Regression equation of readiness and interest factors are Y=68,006+0,82X1 and Y=72,870+0,341X2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. Iqbal Hasan. (2005). Pokok-Pokok Materi Statistik 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.
Syaiful Bahri Djamarah. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i3.1633
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin