PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PENGGUNAAN ALAT UKUR BERBASIS ADOBE FLASH CS5 UNTUK SISWA KELAS X

Ady Sutoro, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Setya Hadi, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan produk media pembelajaran materi penggunaan alat ukur berbasis Adobe Flash CS5, dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran materi penggunaan alat ukur berbasis Adobe Flash CS5 untuk siswa Kelas X. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Borg dan Gall yang dibatasi sampai langkah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Media pembelajaran materi penggunaan alat ukur berbasis Adobe Flash CS5 telah dihasilkan. Produk ini dihasilkan dengan 6 langkah, yaitu: (1) Analisis kebutuhan; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan draft; (4) Validasi dan uji coba; (5) Revisi; dan (6) Uji coba lapangan. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,58 dan persentase 90% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi guru mata pelajaran teknologi mekanik diperoleh skor rata-rata 3,58 dan persentase 90% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 3,31 dan persentase 83% dengan kategori sangat baik.

This study aims to: 1) determine the procedure of developing learning media in measurement tool subject based on Adobe Flash CS5, and 2) determine the properness of the learning media for class Xstudents. The methods being used in this study is Research and Development (RnD). This study used the Borg and Gall development procedure that is limited to determining the properness step. The outcome of this study is the  learning media of measurement tool subject based on Adobe Flash CS5 has been produced. The learning media is developed through 6 steps, i.e. (1) need analysis, (2) planning, (3) developing the draft, (4) experts judgement and testing, (5) revision, and (6) field testing. Expert on the subject gave an average score of 3,58 point and 90% in percentage, which can be categorized as very good. Mechanical techology teacher gave an average point of 3,58 point and 90% in percentage, which can be categorized as very good. Experts on learning media gave an average score of 3,31 point in average and 83% in percentage, which can also be categorized as very good.


Keywords


Media pembelajaran, alat ukur, adobe flash; Learning media, measurement tool, adobe flash

Full Text:

PDF

References


_______. (1990). Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational Research. New York: Longman.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2011). Metode Pengembangan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i3.1630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin