PENGARUH PENGALAMAN PRAKERIN DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA
J. Effendie Tanumihardja, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman prakerin dan pengetahuan kewirausahaan secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain expost-facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena seluruh peserta didik kelas XII di jurusan teknik pemesinan SMK N 3 Yogyakarta akan diambil datanya. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari pengalaman prakerin terhadap kesiapan kerja dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,066 dengan persamaan garis regresi sebesar Y=59,371+0,225X1. Ada pengaruh positif dari pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan kerja dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,065 dengan persamaan garis regresi sebesar Y=68,596+0,526X2. Ada pengaruh positif dari pengalaman prakerin dan pengetahuan kewirausahaan secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,125 dengan persamaan garis regresi sebesar Y=52,381+0,214X1+0,500X2.
This study aims to reveal the effect of on-the job experiences and entrepreneurship knowledge on work readiness. This was a quantitative study employing the expost-facto design. This was a population study, in which all of the students of grade XII in machining program at SMK N 3 Yogyakarta will be involved. Data were collected by using multiple choice test and questionnaire. Data were analyzed using simple regression test and multiple regression test. The results show a positive effect of on-the job training experiences on work readiness with a determination coefficient value of 0.066 and regression trend line of Y=59,371+0,225X1. There is a positive effect of the entrepreneurship knowledge on work readiness with a determination coefficient value of 0.065 with and regression trend line of Y=68,596+0,526X2. There is a positive effect of on-the job training experiences and entrepreneurship knowledge all together on work readiness with a determination coefficient value of 0.125 and regression trend line of Y=52,381+0,214X1+0,500X2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Kartini Kartono. (1991). Menyiapkan dan Memandu Karier. Jakarta: Rajawali Pers.
Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.22 tahun 2006 Tentang Standar Isi.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i3.1622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin