HUBUNGAN PEMAHAMAN TEORI PEMESINAN FRAIS DAN FASILITAS KERJA DENGAN PRESTASI PRAKTIK TEKNIK PEMESINAN FRAIS
Nurdjito -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman teori pemesinan frais dan fasilitas kerja dengan prestasi praktik teknik pemesinan frais. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain expost-facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena seluruh siswa kelas XI di jurusan teknik pemesinan SMK N 2 Pengasih dijadikan sampel. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini: terdapat hubungan positif pemahaman teori pemesinan frais dengan prestasi praktik teknik pemesinan frais dengan koefisien korelasi sebesar 0.357, terdapat hubungan positif fasilitas kerja dengan prestasi praktik teknik pemesinan frais dengan koefisien korelasi sebesar 0.242, terdapat hubungan positif antara pemahaman teori pemesinan frais dan fasilitas kerja secara bersama-sama dengan prestasi praktik teknik pemesinan frais dengan koefisien korelasi sebesar 0.402.
Abstract
This study aimed to know the relation between milling theory comprehension and working facilities with the milling practices achievement. This is a quantitative study employing the ex post facto design. This is a population study with all students of grade XI in machining program of SMK N 2 Pengasih are sampled. Data were collected using questionnaire, tests and documentation. The data were analyzed using simple regression test and multiple regression test. Results of this study are: there is a positive relation between milling theory comprehension with milling practice achievement, with a correlation coefficient of 0.357; there is also a positive relation between working facilities with milling practice achievement, with a correlation coefficient of 0.242; and there is a positive relation between milling theory comprehension and working facilities all together with milling practice achievement, with a correlation coefficients of 0.402.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
John W, Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan. (Terjemahan Diana Angelica). Jakarta: Salema Humanika.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.22 tahun 2006 Tentang Standar Isi.
Rinanto Roesman. (1988). Keterampilan Psikomotor. Jakarta: Depdikbud.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. (1987). Pengelolaan Materiil. Jakarta: Prima Karya.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i2.1616
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin