IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI CAD (COMPUTER AIDED DESIGN)
Zainur Rofiq, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatan kompetensi CAD dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning; (2) Mengetahui bentuk model pembelajaran Project Based Learning yang mampu meningkatkan kompetensi TGM sistem CAD. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TP 3 sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, penilaian kompetensi proyek, dan dokumentasi. Teknik penilaian yang diterapkan pada penelitian yaitu penilaian berbasis produk yang didasarkan pada poses dan hasil tugas proyek yang dikerjakan oleh peserta didik. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Terjadi peningkatan kompetensi pada siklus II (tindakan 2): 0,8%, siklus III (tindakan 1 ): 4,01%, siklus III (tindakan 2): 2,0%. Adapun peningkatan rata-rata nilai total kompetensi kelas dari siklus I - siklus III yaitu 2,24%. Selain itu jumlah peserta didik yang mampu mencapai standar kompetensi pada tiap siklusnya selalu mengalami peningkatan. (2) Bentuk model pembelajaran Project-Based Learning yang dilakukan yaitu: (a) Perencanaan proyek (b) Penyampaian materi pembelajaran (c) Pengorganisasian kelas (d) Pertanyaan inti proyek (e) Aturan pengerjaan proyek. (f) Pembuatan jadwal penyelesaian proyek (g) Monitoring pekerjaan dan kemajuan proyek (h) Penilaian (i) Evaluasi.
This research aims to: (1) Improve the CAD competence by the implementation of Project Based Learning model for XI grade student of mechanical program at SMK 2 Yogyakarta; (2) Determine the form of Project Based Learning model which could improve the students competence in technical drawing by CAD systems. Data were collected by means of observation, project competency assessment, and documentation. Assesment techniques being applied was product based assessment which was based on process and the results of project tasks. Results of this action research were: (1) There is a competence improvement in cycle II (action 1) for 0,8%; in cycle III (action 1) for 4,01%; in cycle III (action 2) for 2,0%. The total improvement of average class-competence rating in the first to third cycle are 2,24%. Number of students who comply with the competence standard continue to increase in each cycle. (2) The Project-Based Learning model was done with the following procedures: (a) Project planning (b) The delivery of teaching materials (c) Class organizing (d) The main question of the project (e) Project rules (f) Scheduling the project (g) Monitoring the work in progress (h) Assessment (i) Evaluation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barrows, H.S. (2014). “Project-based learning in vocational: A brief overview” Dalam Bringing project-based learning to higher education: Theory and Practice. Diakses pada tanggal 07 Agustus 2015 dari: http://www.m-edukasi.web.id/2014/06/pembelajaran-proyek-project-based.html
Dewi Handayani. (2005). Computer Aided Design/Computer Aided Manufakture. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 10 (3), 143-149
Endang Mulyaningsih. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta : UNY Press
Kamdi. (2008). “Project Based Learning : Pendekatan Pembelajaran Inovatif.” Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Guru. Malang: Universitas Negeri Malang.
Mitchell, G. George and Delancy D. James. (2004). “An Assessment Strategy to Determine Learning Outcomes in a Software Engineering”. The International Journal of Engineering Education, 20 (3), 494-502.
Muhammad Yaumi. (2013). “Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pardjono, dkk. (2007). “Panduan Penelitian Tindakan Kelas”. Yogyakarta: Lembaga Penerbit UNY
Sudaryono. (2012). “Dasar-dasar pembelajaran Pembelajaran”. Jakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, D. (2010). “Strategi Pembelajaran” Bandung: Al-Falah Production
Sugiyono. (2010). “Statistika Penelitian”. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2009). “ Penelitian Tindakan Kelas ”. Jakarta: Bumi Aksara
Suparno. (2013). Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suprijono. (2013). Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KTSP. Jakarta: Prenanda Media Group
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif: Asesmen dan Teori. Bandung: Rosda
Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer. Jakarta: Bumi Angkasa
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i2.1613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin