PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MENGELAS DENGAN PROSES LAS OKSI-ASETILEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Eko Widayanto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Riswan Dwi Djatmiko, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pengelasan Dasar dengan menggunakan Modul Mengelas Dengan Proses Las Oksi-Asetilen  pada kelas X TPM  SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan (2) mengetahui perbedaan Prestasi belajar siswa antara kelompok Eksperimen dan kelompok Kontrol. Penelitian ini penelitian quasi experiment dengan desain non equivalent control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 dan X.2 program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kelas X.1 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Tes yang digunakan telah divalidasi. Hasil analisis menunjukan siswa yang mengunakan Modul Mengelas dengan Proses Las Oksi-Asetilen mengalami peningkatan prestasi belajar sebesar 12,75%; sedangkan pada siswa yang menggunakan media papan tulis meningkat 3,86%. Hasil tersebut menunjukkan Modul Mengelas dengan Proses Las Oksi-Asetilen membantu meningkatkan prestasi belajar lebih tinggi dibanding media papan tulis pada meteri pelajaran pengelasan dasar di kelas X TPM SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. 

The purposes of the study are (1) to determine the improvement of students’ academic achievement on the basic welding material with the use of oxy-acetylene welding module in class X of TPM at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, and (2) to determine the students’ achievement difference between the Experimental Group and Control Group. The research used quasi-experimental method with a non equivalent control group design. The research subjects are the students of class X.1 and X.2 of Machining Program at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Class X.1 were used as experimental class, while class X.2 were used as control class. Data were collected by observation and tests. The test has been validated with products moment analysis and the reliability with Cronbach Alpha. The results of the analysis show that students utilising oxy-acetylene welding process module experienced learning achievement improvement of 12.75%, while those using conventional media experienced an improvement of 3.86%. The results show that the module helps improve learning achievement of basic welding lesson in class X of TPM at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.


Keywords


Pengaruh, modul mengelas, las oksi-asetilen, prestasi belajar; Effect, module, oxy-acetylene welding, learning achievement

Full Text:

PDF

References


Susanto (2013). Pengaruh penggunaan media pembelajaran modul pemesinan terhadap prestasi belajar siswa jurusan teknik pemesinan di SMK Leonardo Klaten. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitiatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wulan Dwi Ningsih (2011). Pengaruh penggunaan modul melakukan pekerjaan dengan mesin frais terhadap prestasi belajar siswa kelas xi pada mata pelajaran pemesinan di SMK N 2 Klaten. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i2.1601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin