TUNGKU KRUSIBEL KOMPAK UNTUK PRAKTIK PENGECORAN ALUMUNIUM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN

Dovie Arga Aprillyas, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Tiwan ., Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian  untuk mengetahui penerapan tungku krusibel kompak pada praktik pengecoran logam mata pelajaran Teknologi Mekanik di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Playen yang berjumlah 115 siswa. Kelas X MB yang berjumlah 33 siswa dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MC yang berjumlah 36 siswa dipilih sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, yang kemudian nilai tes dianalisis dengan Uji Beda. Hasil data yang diperoleh diketahui nilai dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mengalami peningkatan rata-rata sebesar 51% dan 25,89%. Mean nilai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 78,08 dan 68,18. Kelompok eksperimen memperoleh peningkatan yang lebih besar 25,11% dibandingkan dengan kelompok kontrol.

This study aims to determine implementation of crucible furnance in the practice of metal casting at SMK Muhammadiyah 1 Playen. The research method used was quasi experiment. The study population was all students of class X Machining Engineering SMK Muhammadiyah 1 Playen totaling 115 students. Class X MB which amounted to 33 students was chosen as the experimental group and class X MC which amounted to 36 students was chosen as the control group. Data was collected by observation and tests, which then the test scores were analyzed by compare each average of groups. The results of the data obtained are known that the value of the experimental group and control grup experienced an average increase of 51% and 25.89%. The average value of the experimental group and control group  is 78.08 and 68,18. The experimental group obtained a greater increase 25,11% compared to the control group.


Keywords


Tungku krusibel, pengecoran alumunium, prestasi belajar siswa; Crusible furnace, alumunium cating, student learning achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v7i3.15211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin