PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK BERAGAM KOMPETENSI TEKNIK PEMESINAN

Dhany Ardhian Syah, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Apri Nuryanto, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran praktik produktif beragam kompetensi dan pencapaian kompetensi pembelajaran praktik produktif beragam kompetensi siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran praktik produktif beragam kompetensi terdiri dari 7 langkah yaitu pembukaan, penyampaian teori pengantar, demonstrasi, praktik produktif beragam kompetensi, penilaian, umpan balik, dan penutup. Tugas guru sesuai dengan langkah pembelajaran. Respon siswa dalam pembelajaran memperoleh nilai sebesar 70% dalam kategori baik. Tingkat pencapaian kompetensi siswa kelas X TP rata-rata sebesar 81,67 dalam kategori baik. Dilihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran memperoleh nilai sebesar 90% termasuk dalam kategori sangat baik.

The purpose of this research is to know the learning process of productive practice of various competencies and the achievement of students’ competency in learning productive practice of various competencies in Class X of Machining Department of Muhammadiyah 1 Bantul Vocational School. This research is a descriptive study using a quantitative and qualitative approach. The results of this study show that the learning process of productive practice of various competencies consists of 7 steps that is opening, delivery of introductory theory, demonstration, productive practice of various competencies, assessment, feedback and closing. Teacher's tasks are in accordance with the learning steps. Student response in learning scores 70% (good category). Level of students’ competency achievement Class X of Machining Department of Muhammadiyah 1 Bantul Vocational School average of 81.67 (good category). Student activity in learning scores 90% (very good category).


Keywords


Kompetensi, proses pembelajaran, teknik pemesinan; Competence, learning process, machining

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v7i3.15205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin