PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR KERJA DAN PEMAHAMAN TEORI PENGUKURAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUBUT
Nuchron -, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan membaca gambar kerja dan pemahaman teori pengukuran terhadap kemampuan membubut siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Mesin SMK Ma’arif Salam. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan membaca gambar kerja dan pemahaman teori pengukuran siswa, maka semakin tinggi kemampuan membubut siswa yang memenuhi persamaan regresi Y=2,148X1+1,087X2+27,074.
This research aimed at describing the influence of mechanical drawings reading ability and understanding the theory of measurement on lathe working ability. This is an expost-facto research. The population is 11th grade students in mechanical engineering of SMK Ma’arif Salam. The sample were 69 students. Data collection method was test and documentation. Data analyzed by descriptive and multiple regression analysis. The research result shows that increasing of mechanical drawings reading ability and understanding the theory of measurement would increase the lathe working ability which is comply regression equation of Y=2,148X1+1,087X2+27,074.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bari Sana A. W. (2011). Pengaruh Kemampuan Membaca Gambar Teknik terhadap Hasil Belajar Prakerin Siswa Kelas III Program Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N 5 Semarang. Diakses tanggal 25 desember 2015 dari http://lib.unnes.ac.id/
Danang Sunyoto. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Caps.
Romelan Cahyadi. (2009). Hubungan antara Pemahaman Gambar Teknik dan Prestasi Teori Pemesinan terhadap Prestasi Praktik Pemesinan Siswa kelas 11 Teknik Pemesinan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i1.1476
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin