PENGARUH MANAJEMEN BENGKEL DAN KUALITAS PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTEK SISWA

Unggul Wicaksono, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Sugiyono ., Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas manajemen bengkel, kualitas pembelajaran, hasil belajar siswa dan juga pengaruh manajemen bengkel dan kualitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktik pemesinan siswa kelas XII di SMK Nasional Berbah dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian observasi dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan  teknik angket dengan sampel penelitian sebanyak 58 siswa atau sebanyak 3 kelas dari jurusan teknik mesin kelas XII SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMK Nasional Berbah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen bengkel dan kualitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran praktik pemesinan siswa pada taraf signifikansi 5%. Pengaruh positif dan signifikan juga terjadi saat manajemen bengkel dan kualitas pembelajaran secara bersama-sama mempengaruhi variabel hasil belajar siswa pada taraf signifikansi 5%.

This research aims to determine the quality of workshop management, the quality of learning, student learning outcomes and also the influence of workshop management and quality of learning on student learning outcomes in machining practice subjects of class XII students at Berbah National Vocational School and Muhammadiyah 3 Vocational School of Yogyakarta. This research is an observational research with quantitative research methods. Data collection techniques using questionnaire techniques with a sample of 58 students or 3 classes from the mechanical engineering department class XII Muhammadiyah 3 Yogyakarta Vocational School and Berbah National Vocational School. The results of this research indicate that workshop management and quality of learning have a positive and significant effect on student learning achievement on machining practice subjects of students at a significance level of 5%. Positive and significant influence also occurs when workshop management and the quality of learning together influence the student learning outcomes variable at a significance level of 5%.


Keywords


Manajemen Bengkel, Kualitas Pembelajaran, dan Hasil Belajar Siswa; Workshop Management, Learning Quality, and Student Learning Outcomes.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v7i1.14755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin