PENGEMBANGAN BUKU AJAR PERAWATAN BERBASIS PEMBELAJARAN PRAKTIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMK N 1 SEYEGAN

Tulus Anggara, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Aan Ardian, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar perawatan  sebagai penunjang pembelajaran mata pelajaran teknik pembentukan dan perakitan fabrikasi logam  untuk kelas XI teknik fabrikasi logam SMK N 1 Seyegan.Mengetahui kelayakan buku ajar perawatan  sebagai penunjang pembelajaran mata pelajaran teknik pembentukan dan perakitan fabrikasi logam  untuk kelas XI teknik fabrikasi logam SMK N 1 Seyegan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development model Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Seyegan dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi dan lembar kuesioner. Hasil penilaian menunjukkan tingkat kelayakan buku ajar oleh ahli media mendapatkan nilai sebesar 81% (sangat layak). Sedangkan oleh ahli materi didapatkan nilai sebesar 76% (sangat layak). Respons uji pemakaian buku ajar oleh siswa didapatkan nilai sebesar 83% (sangat layak). Berdasarkan data tersebut, buku ajar perawatan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi siswa di SMK N 1 Seyegan.

This research aims to produce textbooks as a support for learning the formation and metal fabrication assembly for class XI metal fabrication engineering of SMK N 1 Seyegan. Knowing the feasibility of textbooks as supporting formation techniques and metal fabrication assembly lessons for class XI metal fabrication engineering of SMK N 1 Seyegan. The method used in this study is development research model by Borg & Gall which has modified. This research was conducted at SMK N 1 Seyegan with the subject research of students in class XI. The type of data used is qualitative and quantitative. Data obtained through observation and questionnaire sheets. The results of the assessment are known that the feasibility level of textbooks by media experts obtained a percentage value of 81% (very feasible). While by material experts, the percentage value was 76% (very feasible). Test response the use of textbooks by students obtained a percentage value of 83% (very feasible). Based on these data, the textbooks are worthy of being used as learning media to improve student competency in SMK N 1 Seyegan.


Keywords


Pengembangan, buku ajar perawatan, kompetensi belajar siswa; Development, Textbooks, Students Learning Competency

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i5.14676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin