PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN UNTUK KELAS X

Sri Abdullah Amin, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Arianto Leman Soemowidagdo, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis flash untuk mata pelajaran Gambar Teknik Mesin dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis flash untuk mata pelajaran Gambar Teknik Mesin. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan langkah pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin melalui 10 langkah meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk I, uji coba pemakaian, revisi produk II, dan produksi masal. Media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin layak digunakan dengan rincian penilaian yang dilalui meliputi validasi dosen ahli materi mendapatkan rerata 3,10 (baik), validasi guru pengampu mendapatkan rerata 3,78 (sangat baik), validasi dosen ahli media mendapatkan rerata 3,19 (baik), uji coba produk mendapatkan rerata 3,42 (sangat baik), uji coba pemakaian mendapatkan rerata 3,33 (sangat baik), dan nilai akhir media 3,36 (sangat baik).

The purpose of this study are to know the steps of developing learning media based flash and the feasibility of learning media based flash developed for Mechanical Engineering Drawing. The design of this study is research and development. The results showed that step of developing learning media based flash through 10 steps including potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product trial, product revision I, usage test, product revision II and mass production. Learning media based flash was suitable to be used with the assessment details validation of material expert lecturers obtaining average score 3.10 (good), validation of the teacher’s obtaining average score 3.78 (very good), validation of media expert lecturers obtaining average score 3.19 (good), the product trial got average score 3.42 (very good), the usage test got average score 3.33 (very good), and the final value of the media was 3.36 (very good).


Keywords


Media, gambar teknik, kelayakan, flash; Media, engineering drawings, feasibility, flash

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i5.14669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin