HUBUNGAN PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK DAN KREATIVITAS DENGAN PRESTASI PRAKTIK CAD
Aan Ardian, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman mata pelajaran gambar teknik dan kreativitas dengan prestasi praktik CAD siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Jenis penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan model penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara sebanyak 64 siswa dan sekaligus sebagai sampel pada penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Uji Hipotesis dalam penelitian ini dianalisis mengunakan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemahaman mata pelajaran Gambar Teknik dan kreativitas secara bersama-sama dengan prestasi praktik CAD siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara yang ditunjukan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,418 dan faktor determinasi sebesar 26,6%.
This research has purposed to know relation between understanding of drawings technique subjects and creativity with achivement of practice CAD grade 11st SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. This research uses method of ex-post facto with quantitative research. The population in this research is grade 11st student of machining engineering SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara as many as 64 students and at the same time as sample in this research. Data collection methods in this research using test and documentation. Test in this hypotesis in this research were analyzed using simple liniear regression and multiple linier regression were processed using software SPSS 20.0 For Windows. The result of this research indicated a positive and significant relation between understanding of drawing technique subjects and creativity together with achivement of practice CAD grade 11st student of regression coeffisient for 0,418 and factor datermination for 26,6%.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i4.11956
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin