HUBUNGAN PERSEPSI KELAYAKAN PERALATAN PRAKTIKUM DAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK BUBUT DENGAN PRESTASI BELAJAR
Sudji Munadi, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian hubungan persepsi kelayakan peralatan praktikum () dan pengetahuan dasar teknik bubut () dengan prestasi belajar (Y) adalah menganalisis hubungan masing-masing variabel bebas secara parsial (masing-masing) atau secara bersamaan terhadap variabel terikat. Metode yang digunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif dan sampel berjumlah 30 responden dengan pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dengan nilai 0,865 dan signifikan dengan nilai 9,120 antara terhadap Y. Selain itu terdapat hubungan positif dengan nilai 0,775 dan signifikan dengan nilai 6,483 antara terhadap Y. Hasil lainnya terdapat hubungan positif dengan nilai 0,879 dan signifikan dengan nilai 45,739 antara dan secara bersamaan terhadap Y.
Research purpose correlations of student perception about practicum equipment appropriateness () and base lathe technique knowledge () to learning achievement of lathe technique (Y) subject class XI SMK Negeri 2 Depok was analyze the relationsip each independent variable in parcial (each) or simultaneously to dependent variable. Method used ex-post facto method with quantitative approach and sample 30 respondents with data collected by documentation and questionnaires. The research show that there is a positive with value 0,865 and significant with value 9,120 correlation between to Y. Other that there is a positive with value 0,775 and significant with value 6,483 correlation between to Y. Other Show that there is a positive with value 0,879 and significant with value 45,739 correlation between and simultaneously to Y .
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i4.11952
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin