PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL
Arif Marwanto, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi produk media pembelajaran, langkah-langkah dalam mengembangkan media pembelajaran dan kelayakan produk media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada mata pelajaran las busur manual. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Sedayu Bantul dengan subyek penelitian peserta didik kelas XI. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi dan kuesioner.Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran las busur manual. Kelayakan media dapat dilihat dari Uji kelayakan oleh ahli media dengan hasil rata-rata 4,4 atau X > 4,2 dapat dikatakan sangat baik, Uji kelayakan oleh ahli materi dengan hasil rata-rata 4,6 atau X > 4,2 dapat dikatakan sangat baik, Uji kelayakan oleh peserta didik dengan hasil rata-rata uji kelompok kecil 4,3 dan uji kelompok besar dengan hasi rata-rata 4,3 kedua hasil ini X > 4,2 termasuk dalam klasifikasi sangat baik.
This Research & Development study aims to figure the specifications of the product media, figure out steps in developing the adobe flash-based interactive learning media for shielded metal arc welding subject, and its properness. It employs a modified Borg & Gall model. It was conducted in the eleventh grade of SMKN 1 Sedayu Bantul. Both quantitative and qualitative data were used. Data were collected through observations and a questionnaire. Results show that the product is properly used in the shielded metal arc welding teaching and learning. The media properness was shown by the proper test through the media expert judgment with mean score 4.4 or X > 4.2 – classified as very good. The mean score of the proper test through the material expert judgement was 4.6 or X > 4.2 – classified as very good. The mean score of the proper test by the students in the small group test was similar to the score in the large group test. It was 4.3 which was classified as very good.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i4.11948
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin