ANALISIS EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PDTM KELAS X SMK MA’ARIF SALAM

Pradisa Raja Lazuardi Amandangi, Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Subiyono ., Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PDTM di SMK Ma’arif Salam, hasil belajar siswa, kelengkapan sarana dan prasarana praktik, pelaksanaan RPP praktik PDTM yang ditelah ditentukan, penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran, hambatan peserta didik dalam proses pembelajaran praktik PDTM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa serta faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMK Ma’arif salam. Responden dari penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran PDTM dan siswa kelas X SMK Ma’arif Salam. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran di SMK Ma’arif Salam  terhitung “baik” hal ini ditunjukan dengan rata – rata pencapaian nilai praktik dan teori pada mata pelajaran PDTM kelas X sebesar 80,79.  Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan hasil belajar siswa diantaranya adalah sarana dan prasarana, sistem pembelajaran, metode dan media pembelajaran, serta hambatan yang dialami oleh peserta didik.

This research aimed to determine implementation of learning in basic knowledge of mechanical engineering, student learning outcomes, completeness of practice facility, implementation of learning methods and media, and student barriers in learning basic knowledge of mechanical engineering. This research was a descriptive quantitative research. Object in this research were the results of student learning and factors that affect student learning outcomes student grade X SMK Ma'arif salam. Sample of this research were teachers of basic knowledge of mechanical engineering and students Of grade X SMK Ma'arif Salam. Student learning outcomes on subjects in SMK Ma'arif Salam counted very good it is shown by average achievement of practice and theory value in Basic Science Subject of Mechanical Engineering grade X is 80.79. Some factors that influence the success of student learning outcomes include facilities and infrastructure, learning systems, methods and learning media, and also obstacles experienced by learners.


Keywords


Evaluasi Hasil Belajar, Pelaksanaan Sistem Pembelajaran, Pengetahuan Dasar Teknik Mesin; Evaluation Learning Outcomes, Implementation learning system, Basic Knowledge of Mechanical Engineering

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i2.11876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin