PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT

Wiwiet Imania, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia
Dwi Rahdiyanta, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran teknik pemesinan bubut dan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media menurut ahli media 88% (sangat layak), ahli materi sebesar 71% (layak), guru dari segi media 95% (sangat layak)  dan dari segi materi 93% (sangat layak), dan penilaian ditinjau dari segi media 82% (sangat layak) dari segi materi 81% (sangat layak) dan dari segi motivasi 82% (sangat layak).

The purposes of this research is to develop interactive learning media to learn lathe machining techniques and to know the level of development feasibility of interactive learning media on lathe machining techniques. This research use Research and Development (R&D) method. Data analysis technique in this research using quantitative descriptive method. The results of the research show the feasibility of media experts 88% (very feasible), material experts 71% (feasible), teacher reviewed in terms of media are 95% (very feasible) and in terms of material are 93% (very feasible), student assessment of media are 82% (very feasible), in terms of material are 81% (very feasible), in terms of motivation are 82% (very feasible).


Keywords


Media interaktif, pembelajaran, mesin bubut; Interactive media, learning, lathe machine

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i1.10438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin