EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF DENGAN MEDIA MOBILE LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMROGRAMAN INPUT-OUTPUT MIKROKONTROLER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Tina Triasih, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran data kompetensi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) perbedaan posttest dan pretest kelas eksperimen, (3) efektivitas pembelajaran berpikir induktif dengan media mobile learning untuk peningkatan kompetensi pemrograman input-output mikrokontroler. Jenis penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized control-group pretest-posttest. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Mekatronika SMKN 2 Wonogiri. Kelas X TM A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TM B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data digunakan tes dan observasi. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis non paramertik berupa uji-u. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) peningkatan kompetensi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada siswa kelas kontrol; (2) pretest  kompetensi siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan posttest-nya ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dengan nilai Sig.hitung sebesar 0,00 < 0,05; (3) pembelajaran berpikir induktif dengan media mobile learning efektif digunakan untuk peningkatan kompetensi pemrograman input-output mikrokontroler siswa kelas X Teknik Mekatronika dengan nilai gain sebesar 0,25 untuk aspek kognitif dan 0,85 untuk aspek afektif dan psikomotor.

 

Kata kunci: efektivitas, pembelajaran induktif, mobile learning, pemrograman input-output mikrokontroler, kompetensi siswa

 

Abstract

The objectives of this study are to know: (1) description of students competency of experimental and control class; (2) the difference between pretest and posttest of experiment class; (3) the effectiveness of inductive thinking learning with mobile learning media to increase the microcontroller input-output programming competence. This study used quasi experiment method with non-randomized control-group pre-test-post-test design. The subject of this study were students of X class Mechatronic Engineering SMKN 2 Wonogiri. That X TM A class as the experiment class and X TM B Class as control class. Data collected by tests and observation. Data analyzed with desscriptive analysis and non-parametric analysis by u-test. The result of this study were: (1) increased students competence of experimental class is higher than the control clas; (2) pretest student competenc of the experimental class is significantly different from its posttest in terms of cognitive, affective, and psychomotor with Sig.calculated value at 0.00 <0.05; (3) inductive thinking learning with mobile learning media effectively used to increase the microcontroller input-output programming competence in X class Mechatronic Mastery with a gain value of 0.25 for the cognitive aspects, and 0.85 for affective and psychomotor aspects.

                                                                                                         

Keywords:  effectivity, inductive learning, mobile learning, microcontroller input-output programming, student competence


Full Text:

475-484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.