PENGEMBANGAN GAME ANDROID UNTUK BELAJAR MANDIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK

Afif Faqih Arrazin, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis game menggunakan Android untuk belajar mandiri siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 2 Pengasih dan (2) Mengetahui tingkat kelayakan multimedia pembelajaran berbasis game menggunakan Android untuk belajar mandiri siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 2 Pengasih. Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis game menggunakan Android dengan model ADDIE menghasilkan game yang terdiri dari splash screen, level dan skor game, scene environment, soal, menu materi, menu bantuan, menu pengembang, dan karakter kontrol. (2) Pengujian kelayakan dilakukan oleh ahli materi dan media, serta respon siswa. Instrumen penelitian berupa angket kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian didapat persentase skor dari ahli media sebanyak 80,30% dengan kategori “layak”, ahli materi sebanyak 77,78% dengan kategori “layak”, dan respon siswa sebanyak 76,54% “layak”.

 

Kata kunci: Game, Android, Multimedia Pembelajaran, Pemrograman Dasar, ADDIE, belajar mandiri

 

 

Abstract

The purpose of this research is to: (1) develop a game based learning multimedia using Android for student learn independently of basic programming subject at SMKN 2 Pengasih and, (2) find out it’s feasibility. This research used ADDIE model that consist of: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. The result of this research is: (1) The development of learning multimedia with ADDIE model produced Android game that consist of: splash screen, level and score menu, environment scene, test, matter menu, help menu, developer profile, and character control. (2) The product feasibility testing was conducted by materials experts, media experts, and student. The research instrument is a questionnaire. According to the judgement of media expert, this game got percentage score of 80,30% with “feasible category”. According to the judgement of material expert, this game got percentage score of 77,78% with“feasible category”. According to usability test by student, this game got percentage score of 76,54% with “feasible category”.

                                                                                                                                            

Keywords:  Game, Android, Learning Multimedia, Basic programming subject, ADDIE. Learn independently


Full Text:

275-286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.