PENGEMBANGAN VIRTUAL TESTING STATION UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI KOGNITIF PEMROGRAMAN PLC DI SMK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan virtual testing station sebagai media pembelajaran pemrograman PLC, (2) tingkat kelayakan virtual testing station sebagai media pembelajaran pemrograman PLC, dan (3) peningkatan kompetensi kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran pemrograman PLC menggunakan virtual testing station. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan waterfall menurut Pressman dan ADDIE menurut Branch. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan menggunakan model waterfall (Komunikasi, Perencanaan, Pemodelan, dan Konstruksi) menurut Pressman dihasilkan perangkat lunak virtual testing station sebagai media pembelajaran pemrograman PLC. Perangkat lunak virtual testing station mampu bekerja sesuai proses kerja dari perangkat keras testing station; (2) virtual testing station dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran pemrograman PLC secara keseluruhan dengan rata-rata nilai 79,86 dari penilaian ahli materi, ahli media, dan pengguna. Rincian penilaian kelayakan yaitu: penilaian oleh ahli materi memperoleh rata-rata nilai 80,45 dengan kategori sangat layak, penilaian oleh ahli media memperoleh rata-rata nilai 79,94 dengan kategori sangat layak, dan penilaian oleh pengguna memperoleh rata-rata nilai 79,20 dengan kategori sangat layak; dan (3) pembelajaran menggunakan media pembelajaran virtual testing station meningkatkan penguasaan kompetensi kognitif pemrograman PLC dibuktikan dengan peningkatan hasil tes kognitif yaitu hasil pretest sebesar 53,7 dan posttest sebesar 62,79. Pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t hitung lebih besar daripada t tabel, yakni 3,365 untuk nilai t hitung dan 2,055.
Kata kunci: virtual testing station, testing station, PLC
Abstract
This research aims to find out: (1) the development of virtual testing station as PLC programming learning media, (2) feasibility of virtual testing station as PLC programming learning media, and (3) the cognitive competence improvement of student who take lesson of PLC programming used virtual testing station. This research is research and development used waterfall development model by Pressman and ADDIE development model by Branch. The results of this research were: (1) development used waterfall model by Pressman (Communication, Planning, Modeling, Construction) produced virtual testing station as PLC programming learning media. Virtual testing station had an appropriate work with the working process of testing station module; (2) virtual testing station declared very feasible as PLC programming learning media with the average score of 79.86 from material expert, media expert, and user assesment. Feasibility assessment based on: material experts got average score of 80.45 which was classified very feasible category, media experts got average score of 79.94 which was classified very feasible category, and users got average score of 79.20 which was classified very feasible category; and (3) lesson used virtual testing station increase cognitive competence of PLC programming indicated by average test improvement from 53.7 to 62.79. There was a significant difference between pretest and posttest indicated by the result of t-test scored with 3.365 which was higher than t-table value of 2.055 at the significance level 5%.
Keywords: virtual testing station, testing station, PLC
Full Text:
246-256Refbacks
- There are currently no refbacks.