PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 PONJONG
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Mengetahui peningkatan keaktifan siswa dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada proses pembelajaran mata pelajaran Elektronika Dasar kelas X di SMK Negeri 1 Ponjong; (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran mata pelajaran Elektronika Dasar kelas X di SMK Negeri 1 Ponjong. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian yang dikembangkan Kemmis dan Mc Taggart. Siklus akan dihentikan jika indicator keaktifan siswa sudah mencapai 65% dan hasil belajar sudah mencapai 75% dari semua siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Ponjong dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 8,13%, dari siklus I sebesar 59,87% dan siklus II sebesar 68%; (2) Model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Elektronika Dasar, hasil belajar siswa meningkat 46,87%, dari siklus I sebesar 34,38% dan siklus II sebesar 81,25%.
Kata kunci: Model pembelajaran Snowball Throwing, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa
Abstract
The aims of this research are: (1) To find out the increasing of student activity with Snowball Throwing learning model application on the Basic Electronic learning process in class X SMK Negeri 1 Ponjong; (2) To find out the increasing of student achievement with Snowball Throwing learning model application on Basic Electronic subject in class X SMK Negeri 1 Ponjong. This research was Classroom Action Research used research design developed by Kemmis and Mc Taggart. The cycle would be stopped if the student activity indicator has reached 65% and the post test has reached 75% from all student. The research held on September to October 2016. The subject of this research was student from class X Audio Video in SMK Negeri 1 Ponjong with 32 students. The data collection method used observation and achievement test. Data analysis used descriptive quantitative analysis technic. The result of this research indicate that: (1) Snowball Throwing learning model could increase the student activity by 8.13%, from first cycle was 59.87% and second cycle was 68%; (2) Snowball Throwing learning model could increase class X student achievement on Basic Electronic subject. The student achievement increased by 46.87%, from first cycle was 34.38% and second cycle was 81.25%.
Keywords: Snowball Throwing learning model, student activity and student achievement
Full Text:
179-187Refbacks
- There are currently no refbacks.