PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK N 2 CILACAP JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2015 / 2016

Aulia Rachman, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui kemampuan mengakses internet pada siswa sebagai salah satu sumber belajar untuk meningkatkan pengetahuan terhadap mata pelajaran penerapan konsep dasar listrik dan elektronika (2) mengetahui manfaat internet bagi siswa SMK sebagai sarana sumber belajar untuk meningkatkan pengetahuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey. Hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan mengakses internet adalah sebagian besar siswa memiliki kemahiran mengkases internet dalam kategori cukup, mendayagunakan internet dalam kategori baik, dan intensitas penggunaan internet dalam kategori cukup; (2) manfaat internet sebagian besar dari siswa kurang memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, mengerjakan tugas tugas, melakukan penelusuran dan pencarian bahan pustaka, mendownload materi untuk tugas baca, menggunakan berbagai fasilitas internet sesuai kebutuhan, meningkatkan pengetahuan siswa dan ketrampilan siswa, mengkondisikan siswa belajar secara mandiri dan berperan sebagai peneliti; sebagian siswa sudah baik dalam memanfaatkan mengumpulkan tugas melalui internet dan dapat berkonsultasi dengan guru; dan sebagian siswa sudah cukup baik dalam berkomunikasi dengan guru dan teman sekelasnya.

Kata kunci: penggunaan internet, sumber belajar, SMK

 

Abstract

This study aims to: (1) determine the student ability of the Internet aceses to use as a learning source which to improve skill and knowledge in the basic concepts of electricity and electronics application study (2) determine benefits of the internet as  learning resources for vocational students  to improve their knowledge. This research type is a survey research. The results is a: (1) the ability to acces the internet  from the majority students have a proficiency in fair category, utilizing  the internet in a good categories, and the Internet intensity usage in the fair category; (2) Most student uses the Internet here less in learning resource, task assignments, search a bibliography materials, download material for  reading source, use a internet features facility according to the needs, improve a knowledge and skills from the students, making a students as centre of learn and  researcher; some of students was quite good  utilizing to collect assignments from the Internet as well and communicated this with his teachers; and also some students are quite good in wih communicated teachers and classmates.

 

Keywords:  the internet use, learning source, SMK

Full Text:

30-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.