EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 2 WONOSARI

Linda Indria Putri, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui untuk: (1) perbedaan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aspek kognitif siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2 Wonosari sejumlah 56 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan non tes. Tes berupa pretest dan posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa aspek kognitif. Non tes berupa lembar observasi digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa aspek afektif dan aspek psikomotorik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji Wilcoxon, uji Mann Whitney Test, dan uji Gain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis menggunakan uji Mann Whitney Test diperoleh data Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05; (2) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tidak lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aspek kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dari analisis yang menunjukkan perbandingan skor gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,59 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 0,43. Hasil rerata skor gain menunjukkan bahwa kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, tetapi keduanya memiliki skor gain dalam kategori sedang.

 

Kata kunci: Kooperatif, Jigsaw, Quasi Experiment

 

Abstract

The purposes of this research are: (1) to find out the differences of cognitive aspect, affective aspect, and psychomotor aspect between the use of jigsaw type cooperative learning model and conventional learning model; (2) to find out the effectivity of jigsaw type cooperative learning model and conventional learning model improvement of students cognitive aspect.

                This research is quasi experiment research. The subject of this research are 56 students from X class of Electricity Installation and Electricity Power at SMK N 2 Wonosari. Data collected use test method and non-test method. Pretest and posttest are included in test method to measure the students’ achievement of cognitive aspect. Observation sheet is included in non-test method to measure the students’ achievement of affective aspect and psychomotor aspect. Data analysis used descriptive analysis, Wilcoxon test, Mann Whitney test, Gain test.

                The result of this research are: (1) there are differences of students achievement of cognitive aspect, affective aspect, and psychomotor aspect between group of jigsaw type cooperative learning model and group of conventional learning model. Mann Whitney test gets the Asymp Sig. data (2-tailed) value of 0.000<0.05; (2) jigsaw type cooperative learning model type wasn’t more effective compared to conventional learning model for gaining students cognitive aspect. The comparison gain score with experiment group gets score of 0.59 while control group gets score of 0.43. The result show that experiment group gets higher gain score than control group, but both of them have gain score in moderate category.

 

Keywords:  Cooperative learning, Jigsaw learning type, Quasi Experiment

Full Text:

528-535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.