MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL ELEKTROPNEUMATIK DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN

Kemas Atin, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII program keahlian Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 2 Depok Sleman melalui model pembelajaran kooperatif teknik Inkuiri. Hasil belajar siswa yang dinilai yaitu meliputi tiga aspek antara lain(1) aspek afektif, (2) aspek kognitif (3) aspek psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  Nilai rata–rata afektif pada pertemuan pertama siklus I sebesar 80,8 dari nilai maksimum sebesar 128 dan persentase rata-rata afektif sebesar 63,1% meningkat pada pertemuan ketiga siklus II dengan nilai rata–rata 112,8 dari nilai maksimum sebesar 128 dan persentase 88,1%. Nilai kognitif siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata pretest  siklus I sebesar 59,8 dan persentase siswa lulus sebesar 21,87% meningkat pada posttest siklus II dengan nilai rata–rata 86,34 dan pesentase siswa lulus 93,75%. Nilai rata-rata psikomotorik peserta didik juga terdapat peningkatan. Nilai psikomotorik pertemuan pertama pada siklus I adalah 68 dan persentase siswa lulus sebesar 25% meningkat pada pertemuan kedua siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 83,75 dan persentase kelulusan 100%.

Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Inkuiri, Sistem Kontrol Elektropneumatik

 

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes XII class membership program Industrial Automation Engineering SMK Negeri 2 Depok Slemanthrough a model of cooperative learning techniques inquiry.Student learning outcomes assessed that involves three aspects, among others, (1) the affective aspects, (2) the cognitive aspects (3) aspects of psychomotor. This research is a class act that is carried out by two cycles.Each cycle conducted three meetings. The implementation of cooperative learning model inquiry techniques can improve student learning outcomes. The average value of affective at the first meeting of the first cycle of 80.8 out of a maximum value of 128 and the average percentage of 63.1% affective increased in the third meeting of the second cycle the average value 112.8 of the maximum value of 128 and percentage of 88.1%.Cognitive value of students has risen an average pretest score the first cycle of 59.8 and the percentage of students graduating by 21.87% increased in the second cycle posttest with an average value of 86.34 and 93.75% students passed pesentase.The average value of psychomotor learners also there is an increase. Value psychomotor first meeting in the first cycle was 68 and the percentage of students graduating by 25% increase in the second meeting of the second cycle is the average value of 83.75 and a 100% passing rate.

 

Keywords:  Class Action Research, Inquiry, Elektropneumatik Control System

Full Text:

493-502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.