EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN PERALATAN PNEUMATIK DI SMK N TEMBARAK

Bayu Wicaksono, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model belajar inquiry berbantuan media pembelajaran dengan software lectora dalam pembelajaran pneumatik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Tembarak. Hasil belajar meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini termasuk dalam bentuk eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Efektivitas penggunaan model pembelajaran inquiry dilakukan dengan cara membandingkan hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan lembar observasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa inquiry efektif diterapkan pada mata pelajaran mengoperasikan perlatan pneumatik, atas dasar dari data sebagai berikut. 1) Ada perbedaan signifikan antara model pembelajaran inquiry dengan metode konvensional pada pencapaian kompetensi kognitif siswa. Dengan rerata gain score 0,63 berbanding 0,54. 2) Ada perbedaan signifikan antara model pembelajaran inquiry dengan metode konvensional pada pencapaian kompetensi afektif siswa. Dengan rerata model inquiry sebesar 77,57 berbanding 66,00. 3) Ada perbedaan signifikan antara model pembelajaran inquiry dengan metode konvensional pada pencapaian kompetensi psikomotorik siswa. Dengan rerata model inquiry sebesar 79,40 berbanding 64,20.

Kata kunci: Afektif, kognitif, psikomotorik, Inquiry, Pneumatik

 

Abstract

The objectives of this research were to find out learning outcomes after using the model of inquiry learning with lectora software instructional media aided learning pneumatic on Vocational High School. Learning outcomes include cognitive, affective, and psychomotor. This study was a quasi-experimental form. Design research is Nonequivalent Control Group Design. The effectiveness of the use of models of inquiry learning is done by comparing the learning outcomes between the control and experimental classes. Data collection techniques using the test, questionnaire, and observation. Normality test results showed normal distribution of research data. Homogeneity test results show that the homogeneous variant of this research data. The data were further analyzed using the t test. The results showed that the inquiry effectively applied to pneumatic subject, on the basis of the following data. 1) There is a significant difference between the models of inquiry learning with the conventional method on students achievement of cognitive competence. With  mean gain score of 0.63 to 0.54. 2) There is a significant difference between the models of inquiry learning with the conventional method on students achievement of affective competencies. With  mean of affective 77.57  to 66.00. 3) There is a significant difference between the models of inquiry learning with the conventional method in the achievement of students psychomotor competencies. With mean of cognitive 79.40 to 64.20.

 

Keywords:  affective, cognitive, psychomotor, Inquiry, Pneumatics

Full Text:

376-384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.