EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUTOMATION STUDIO 5.2 TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PERENCANAAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK SEDERHANA SMK BOEDI OETOMO 3 MAOS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat peningkatan kompetensi merencanakan sistem kendali elektronik sederhana pada kelompok siswa yang menggunakan media Automation Studio 5.2, (2) tingkat peningkatan kompetensi merencanakan sistem kendali elektronik sederhana pada kelompok siswa yang menggunakan media konvensional, (3) tingkat peningkatan kompetensi kelompok siswa yang menggunakan media Automation Studio 5.2 dengan kelompok siswa yang menggunakan media konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berjumlah 21 siswa dan semua dikenakan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gain kompetensi pada kelompok eksperimen diperoleh sebesar (0,555), gain ranah kognitif (0,609) , gain ranah psikomotorik (0,446) dan gain ranah afektif (0,556); (2) gain kompetensi pada kelompok kontrol diperoleh sebesar (0,388), gain ranah kognitif (0,330), gain ranah psikomotorik (0,339), dan gain ranah afektif (0,430); (3) peningkatan kompetensi kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh hasil sebesar (43,950%), peningkatan pada ranah kognitif (120,574%), peningkatan pada ranah psikomotorik (19,048%), peningkatan pada ranah afektif (29,231%).
Kata kunci: Efektifitas, Kompetensi, Automation Studio 5.2
Abstract
The study aims to determine: (1) an increased level of competency to plan a simple electronic control system on a group of students who use the media Automation Studio 5.2, (2) an increased level of competency to plan a simple electronic control system on a group of students who use conventional media, (3) an increased level of competency groups of students who use the media Automation Studio 5.2 with a group of students who use the conventional media. This research is a quasi-experimental research design using non equivalent control group design. The population of this research is class XII Expertise Program Technique Installation Electric Power, which has 21 students and all students included in the study. The results of this study indicate that: (1) the results of gain competence in the experimental group (0,555), gain of cognitive domain (0,609), gain of psychomotor domain (0,446) and gain of affective domain (0,556); (2) (1) the results of gain competence in the control group (0,388), gain of cognitive domain (0,330), gain of psychomotor domain (0,339) and gain of affective domain (0,430);(3) the results of Increased competence in the experimental group and control group (43,950%), an increase in the cognitive domain (120,574%), an increase in the psychomotor domain (19,048%) and an increase in the affective domain (29,231%).
Full Text:
276-284Refbacks
- There are currently no refbacks.