PENGEMBANGAN ROBOT PENJELAJAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ROBOTIK

Wahyu Ikhsannudin, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini dirancang untuk merancang dan membangun robot penjelajah sebagai media pembelajaran Perekayasaan Sistem Robotik di SMK Negeri 2 Pengasih, mengetahui unjuk kerja media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan dalam proses pembelajaran, dan mengetahui kelayakan dan hasil uji coba media pembelajaran robot penjelajah terhadap siswa SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D Models dengan empat tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penilaian dari ahli media, kelayakan media robot penjelajah mencapai skor rata-rata 70,5 dengan presentase 92,763%.  Hal ini dapat diartikan bahwa ahli media menyatakan media robot penjelajah dalam kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, kelayakan media robot penjelajah mencapai nilai rata-rata 64 dengan presentase 84,211%. Hal ini dapat diartikan bahwa ahli materi menyatakan media robot penjelajah dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian keseluruhan aspek angket respon oleh siswa memperoleh nilai rata-rata 59.750 dengan presentase 82.986%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk yang dikembangkan adalah baik digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Robot penjelajah, Perekayaaan Sistem Robotik

 

Abstract

The purposes of this research are to design and construct the mobile robot exploration as a learning media of robotic system engineering course in state vocational high school 2 of Pengasih, to examine the work of learning media produced appropriate for learning process and to examine the feasibility and the results of the mobile robot exploration as a learning media tryout for state vocational high school 2 Pengasih students. The method used in this research is research and development. The research design is done with the reference from 4-D models development with four stages, they are define, design, develop and disseminate. The types of data used are quantitative and qualitative. Data collection is done with questionnaire. Data analysis technique is quantitative descriptive. Based on the media expert judgment, the feasibility of mobile robot exploration media reached the average score of 70.5 with the percentage of 92.763 %. Its means that the mobile robot exploration is in the category of appropriate to be used as a learning media. Based on the material expert judgment, the feasibility of mobile robot exploration reached the average score of 64 with the percentage of 84.211%. It means that the mobile robot exploration is in the category of appropriate to be used as a learning media. Based on the student questionnaire responses, all aspects of the media get the average score of 59.750 with the percentage of 82.986 %. It can be concluded that the quality of the developed product is good to be used in learning process.

 

 

Keywords:  development, mobile robots exploration, robotic system engineering course


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.