EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA DI SMK N 1 PLERET

Dani Angga Wijayatno, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan hasil memahami pengukuran komponen elektronika sebelum menggunakan metode kooperatif tipe TAI dan setelah menggunakan metode kooperatif tipe TAI, (2) Mengetahui perbedaan hasil memahami pengukuran komponen elektronik menggunakan metode kooperatif tipe TAI dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah di SMK Negeri 1 Pleret program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik,  (3) Mengetahui perbedaan efektivitas metode kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan hasil belajar memahami pengukuran komponen elektronika. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu (Quasi-Experiment). Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskripsi, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil memahami pengukuran komponen elektronika kelas eksperimen sebelum menggunakan  metode TAI memiliki nilai rata-rata 62,33 dan setelah menggunakan metode TAI memiliki nilai rata-rata 84,50, (2) Hasil memahami pengukuran komponen elektronika dengan metode pembelajaran kooperatif TAI memiliki nilai rata-rata sebesar 84,50, sedangkan kelas kontrol dengan metode konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 71,67, (3) Metode pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi Memahami Pengukuran Komponen Elektronika memiliki skor gain rata-rata sebesar 0,59, sedangkan pembelajaran dengan metode konvensional memiliki skor gain rata-rata sebesar 0,31.

Kata kunci: efektivitas, kognitif, hasil belajar, TAI

 

Abstract

This study aims to: (1) Know the differences of understanding the measurement electronic components before using cooperative TAI and after using cooperative TAI, (2) Know the differences of understanding the measurement electronic components with TAI of cooperative learning type method and conventional method in SMK Negeri 1 Pleret Electricity Engineering program, (3) Knowing the differences of TAI effectiveness in improving learning to understand the measurement of electronic components. This research is using Quasi-Experiment methode.The analysis was performed using descriptive analysis, analysis requirements test and hypotheses test. The results showed that: (1) understanding the measurement electronic components for experiment class before using TAI has an average value of 62.33 and after using TAI has an average value of 84.50, (2) understanding the measurement electronic components with cooperative learning methods TAI has an average value of 84.50, while the control class with the conventional method has an average value of 71.67, (3) TAI methods on material Understanding Measurements Electronic Component has gain score average of 0.59, while learning with the conventional method has gain  score average of 0.31.

 

 

Keywords:  effectiveness, cognitive, learning outcomes, TAI

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.