PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR ELEKTRO PNEUMATIK BERBASIS ANDROID KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN MEKATRONIKA DI SMK PENGUDI LUHUR LEONARDO KLATEN

Sofia Putri Sari Dewi, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  dirancang  untuk: (1)  mengetahui  unjuk kerja media pembelajaran mobile untuk peningkatan  kompetensi dasar elektro  pneumatik, (2)  mengetahui  kelayakan  aplikasi  media pembelajaran mobile untuk  peningkatan  kompetensi dasar elektro pneumatik, (3)  mengetahui dampak media pembelajaran mobile untuk peningkatan  kompetensi dasar  elektro pneumatik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan  pengembangan dengan model ADDIE berdasarkan  langkah  yang dikemukakan oleh Lee dan Ownes dan waterfall oleh Pressman untuk perangkat lunak, diantaranya: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian adalah  media pembelajaran berbasis android “Pneumatik Beginner” pada Dasar Elektro pneumatik diujikan  pada  ahli  media, ahli materi dan  siswa Program Keahlian Mekatronika  SMK  Pangudi Luhur  Leonardo Klaten. Data  yang  dikumpulkan  menggunakan angket instrumen dan  tes. Hasil penelitian diketahui bahwa (1)  pengembangan  menggunakan model ADDIE dihasilkan  media pembelajaran  berbasis  android “Pneumatik Beginner” pada  Dasar  Elektro pneumatik dapat bekerja sesuai proses kerja dengan nilai unjuk kerja 100%; (2)  media  pembelajaran berbasis  android  “Pneumatik Beginner”  pada Dasar Elektropneumatik dinilai baik dengan rincian penilaian ahli  materi dengan rata-rata nilai 67.50 kategori “layak”, penilaian ahli media dengan rata-rata nilai 117.5 kategori “layak”, dan penilaian respon siswa dengan  rata-rata nilai 68.81 dengan  kategori “baik”; dan  (3)  pembelajaran  menggunakan  media  pembelajaran berbasis android “Pneumatik Beginner” pada Dasar Elektro pneumatik meningkatkan  kompetensi  pembelajaran  sebanyak 16 siswa, hasil persebaran gain yang didapatkan siswa SMK Pangudi Luhur Leonardo Klaten termasuk dalam kategori “tinggi”, karena perolehan nilai gain pada semua siswa termasuk pada kategori “tinggi”.

Kata kunci: ADDIE, Android, Pneumatik Beginner, Dasar Elektropneumatik.

 

Abstract

The purpose of this research are: (1) assess the performance of  mobile learning media in improving basic electrical  pneumatics competencies; (2) assess the feasibility of mobile learning media in improving basic electrical pneumatics competencies; (3) find out the impact of mobile learning media in improving basic electrical pneumatics competencies. The research and development model used ADDIE based on Lee and Owen and waterfall by Pressman for software, which are consist of: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. The subject of this research is “Pneumatic Beginner” as an Android based learning media in Basic Electrical-pneumatic subjects which are tested by media expert, material expert and student of Mechatronic study program in SMK Pangudi Luhur Leonardo Klaten. Data collection in this research are used  questionnaire and test instrument. The results of the research are: (1) the performance of “Pneumatic Beginner” android based learning media as the development product used  ADDIE  in  Basic Electrical-pneumatic subjects  work  as  procedure with 100% performance score; (2) the feasibility assessment result of “Pneumatic Beginner” android based  learning  media  from  material expert get a total average  score of 67.50 and categorize as “feasible”, 117.5 total  average  score  from  media  expert assessment and categorize as “feasible”, and 68.81 total average score from student response and categorize as “good”; and (3) learning using “Pneumatic Beginner” as an Android based  learning media in Basic Electrical-pneumatic subjects improved the  competencies of 16 students, gain  distribution  achieved  by student of SMK Pangudi Luhur categorize as “high”, because the gain value achieved by students are “high”.

 

Keywords:  ADDIE, Android, Pneumatic Beginner , Electro pneumatic Basic.


Full Text:

54-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.