PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER WATER LEVEL MONITORING UNTUK MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI

Agung Rohmat Basuki, Herlambang Sigit Pramono, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji unjuk kerja, dan mengetahui tingkat kelayakan Trainer Water Level Monitoring sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sensor dan Aktuator di SMK N 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) oleh Robert Maribe Branch. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pengembangan media pembelajaran berupa hardware trainer pengatur ketinggian air dengan menggunakan sensor ultrasonik, photodioda, dan probe yang ditampilkan dan dikontrol melalui Graphical User Interface; (2) media pembelajaran yang dikembangkan mampu bekerja dengan baik dengan rata-rata error: sensor ultrasonik sebesar 2,07 milimeter (2,73%), sensor photodioda sebesar 0,28 Volt (0,09%), dan sensor probe sebesar 0,31 Volt (0,1%); (3) hasil validasi materi memperoleh skor 3,33 dan 3,77 (SANGAT LAYAK), validasi media memperoleh skor 3,48 dan 3,41 (SANGAT LAYAK), dan penilaian siswa memperoleh skor 3,22 (LAYAK). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Trainer Water Level Monitoring layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: : ADDIE, Water Level Monitoring, Graphical User Interface

 

 

 

 

Abstract

The objectives of this study were to develop, to test the performance, and to find out the feasibility of Trainer Water Level Monitoring as a learning media in the course of Sensor and Actuator in SMK N 2 Pengasih. The research was a type of research and development refers to the development model of ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) by Robert Maribe Branch. The results of the research were: (1) the development of the learning media in the form of hardware of a water level control trainer by using ultrasonic sensors, photodiodes, dan probes which displayed and controlled through a Ghrapical User Interface; (2) the developed learning media were able to work properly with the average of errors: ultrasonic sensors at 2.07 millimeters (2.73%), photodiode sensors at 0.28 Volts (0.09%), and probe sensors at 0.31 Volts (0.1%); (3) the material validation result got score of 3.33 and 3.77 (VERY FEASIBLE), the media validation got score of 3.48 and 3.41 (VERY FEASIBLE), and the students’ test got score of 3.22 (FEASIBLE). The research results could be concluded that Trainer Water Level Monitoring was proper to be used as learning media.

 

Keywords: ADDIE, Water Level Monitoring, Graphical User Interface


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.