PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRO PNEUMATIK DENGAN OPTIMALISASI DESAIN VISUAL KELAS XI SMK PROGRAM KEAHLIAN MEKATRONIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran elektro pneumatik dengan optimalisasi desain visual untuk kelas XI dan untuk mengetahui kelayakan modul elektro pneumatik yang telah dihasilkan sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Mekatronika. Penelitina ini merupakan penlitian pengembangan Reaserch and Deveploment (R&D) yang diadopsi dari Sugiyono yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi produk. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan 4 pilihan jawaban untuk peserta didik dan empat pilihan jawaban untuk ahli media dan ahli materi. Data hasil angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran elektro pneumatik dengan optimalisasi desain visual. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk modul pembelajaran elektro pneumatik dengan optimalisasi desain visual, (2) tingkat kelayakan modul pembelajaran elektro pneumatik ditentukan oleh 4 kegiatan penilaian produk, yaitu validasi materi, validasi media, uji coba terbatas, dan uji coba pengguna. Hasil validasi materi dari 5 aspek penilaian mendapatkan rerata skor 82 dari skor maksimal sebesar 104 dengan kategori “sangat layak”, hasil validasi media dari 6 aspek penilaian mendapatkan rerata skor 134,5 dari skor maksimal sebesar 148 dengan kategori “sangat layak”, uji coba produk dari 4 aspek penilaian mendapat rerata skor 74.9 dari skor maksimal 88 dengan kategori “sangat baik”, dan uji coba pemakaian dari 4 aspek peniliaian medapat skor 74.97 dari skor maksimal 88 dengan kategori “sangat baik”.
Kata kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran, Elektro Pneumatik, Desain Visual
Abstract
This study aims to produce electro pneumatic learning module with the optimization of visual design for second grade and to findout the eligibility of electro pneumatic module that has been produced so that it can be used as a learning material in second grade of Vocational Secondary School Mechatronics Engineering Study Program. This research is for development of R&D (Research and Development) are adopted from Sugiyono : (1) potential and problem, (2) colecting formation, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) ) product trial, (7) product revision, (8) trial usage, (9) product revision, (10) product production. This instrument used a questionnaire with 4 choices of answers for learners experts media and experts material. The questionnaire data were analyzed using descriptive analysis technique to find out the feasibility level of electro pneumatic learning module with the optimization of visual design. The results were: (1) produced the product of electron pneumatic learning module with the optimization of visual design, (2) the level of eligibility of the electro pneumatic learning module is determined by 4 product assessment activities, namely material validation, media validation, limited testing, and user trial. The validation results are 5 assessment aspects of the get the average score of 82 from the maximum score of 104 with the category "very feasible", media validation results from 6 score aspects get the average score of 134.5 from the maximum score of 148 with the category "very feasible" the product of the 4 assessment aspects got the average score of 74.9 from the maximum score of 88 with the category "very good", and trial usage of 4 scoring aspects of last 74.97 of a maximum score of 88 with the category "very good".
Keywords: development of learning modules, electro pneumatic, visual design
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.