PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TITL SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Rodiman AR, Muhamad Ali, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKDLE melalui pembelajaran berbasis portofolio.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas X TITL SMK PIRI 1 Yogyakarta sebanyak 16 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan lembar observasi, tes prestasi belajar dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata kelulusan aspek afektif siswa pada siklus I  dari 54,67% menjadi71,33%  meningkat pada siklus II dari 77,33%  menjadi 87,67%. Selain itu hasil aspek kognitif juga meningkat yakni nilai rata-rata kognitif siswa pada pretest adalah 63,33 dengan jumlah 3 dari 15 siswa lulus sesuai dengan KKM kemudian meningkat pada posttest I menjadi 7 siswa lulus sesuai dengan KKM dengan nilai rata-rata 75,67 kemudian posttest II meningkat menjadi 82,67 dengan 13 sisawa lulus sesuai dengan KKM.

Kata kunci: Metode pembelajaran berbasis portofolio, Hasil Belajar, Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika

 

 

 

Abstract

           The purpose of this research is to improve student learning outcomes on PKDLE subjects through portofolio based learning. is a classroom action research with the subjects of X class TITL SMK PIRI 1 Yogyakarta as many as 16 students. This research is conducted in two cycles and each end of the cycle is doing evaluation of student learning outcomes. Data collection techniques used observation sheet, achievement test and documentation. The results showed that portfolio based learning method can improve student learning outcomes. The average percentage of students' affective graduation on cycle I from 54.67% to 71.33% increased in cycle II from 77.33% to 87.67%. furthermore, the cognitive aspect also increased with the average cognitive value of students on pretest was 63.33 with 3 of 15 students passed in accordance with the KKM, and then the average cognitive increased in posttest I to 7 students graduate in accordance with the KKM with an average value of 75.67, at the last  posttest II increased to 82.67 with 13 graduated pass in accordance with KKM.

 

Keywords: Portfolio-based learning methods, Learning Outcomes, Implementation of Basic Concepts of Electricity and Electronics


Full Text:

276-281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.