PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE UNTUK PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil produk ditinjau dari rancang bangun dan unjuk kerja aplikasi pembelajaran mobile untuk pengenalan Bahasa Pemrograman Visual Basic di SMK, (2) kelayakan media pembelajaran mobile, dan (3) mutu produk media pembelajaran ditinjau dari hasil belajar pengenalan Bahasa Pemrograman Visual Basic pada kompetensi dasar membuat aplikasi sederhana menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE menurut Lee dan Owens dikombinasikan dengan waterfall (komunikasi, perencanaan, pemodelan, dan konstruksi) menurut Pressman. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) telah dikembangkan aplikasi media pembelajaran mobile yang berisi mengenai tutorial pengenalan bahasa pemrograman Visual Basic dengan unjuk kerja “Sangat Baik” (2) penilaian ahli materi memperoleh rerata 86,11% dengan kategori sangat layak, penilaian oleh ahli media memperoleh rerata 75,56% dengan kategori layak, dan penilaian respon siswa memperoleh rerata 77,37% dengan kategori baik, dan (3) mutu produk diketahui dari adanya perbedaan yang signifikan berdasarkan uji wilcoxon dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 di SMK Ma’arif 1 Wates maupun SMKN 2 Pengasih, serta nilai gain berdasarkan modus sebesar 48,38% dengan kategori lebih tinggi dari sedang untuk SMK Ma’arif 1 Wates dan 62,96% dengan kategori sedang untuk SMKN 2 Pengasih.
Kata kunci: pengenalan Bahasa Pemrograman Visual Basic, media pembelajaran mobile.
Abstract
The aims of this study is to find out: (1) the product reviewed from the development and the performance of mobile learning media for introducing Visual Basic Programming in Vocational High School, (2) the feasibility of mobile learning media, and (3) the product quality of the mobile learning media product reviewed from learning outcome on competence of creating simple application use Visual Basic programming. This research was research and development used ADDIE and waterfall development model (communication, planning, modeling and construction). The result of this study were: (1) has developed mobile learning media that containing tutorial for introducing Visual Basic Programming with very good performance, (3) the judgement of matter expert gets percentage score of 86,11% indicates very good category, the judgement of media expert gets percentage score of 75,56% with indicates good category, from student assesment gets the average score of 77,37% with feasible category, and (3) the quality of mobile learning media known from the significant difference of wilcoxon test of 0,000 in both SMK Ma’arif 1 Wates and SMKN 2 Pengasih, gain score based on modus of 48,38% with higer from the average category of SMK Ma’arif 1 Wates and 62,96% with medium category of SMKN 2 Pengasih.
Keywords: introduction of Visual Basic programmng language, mobile media learning.
Full Text:
169-180Refbacks
- There are currently no refbacks.