PENGEMBANGAN PERANGKAT INSTRUKSIONAL SERIAL KOMPUTER MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN KELAS X SMK NEGERI 2 WONOGIRI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan, (2) mengetahui unjuk kerja dan (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Perangkat Instruksional Serial Komputer untuk mata pelajaran Teknik Pemrograman kelas X SMK Negeri 2 Wonogiri. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D model ADDIE, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Unjuk kerja dilakukan untuk menguji fungsionalitas media. Tahap uji kelayakan menggunakan instrumen yang sudah melalui expert judgement kemudian dilakukan penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perangkat Instruksional Serial Komputer dilengkapi buku panduan dan jobsheet, (2) tahap unjuk kerja menunjukkan bahwa media sudah bekerja sesuai fungsi dan tujuannya, (3) penilaian ahli materi mendapat rerata skor total 60,5 dari skor tertinggi 80 dengan kategori “Layak”. Penilaian oleh ahli media mendapat rerata skor total 87 dari skor tertinggi 92 dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian oleh pengguna mendapat rerata skor total 68,9 dari skor tertinggi 88 dengan kategori “Layak” digunakan sebagai media pembelajaran Teknik Pemrograman.
Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, ADDIE, Perangkat Instruksional.
Abstract
This research was conducted in order to (1) develop (2) test of learning media with work in good performance and (3) test the feasibility of learning media of Serial Computer Instructional Device at subject of Programming Technique X class of SMK Negeri 2 Wonogiri. The method used Research and Development with ADDIE model proposed by Robert Maribe Branch. This method consists of Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate. Performance test is performed to test media functionality. Feasibility test used instruments that assess by experts judgment, then conducted an assessment by material experts, media experts, and users. The result of this research were: (1) Computer Serial Instructional Device equipped with manual book and worksheet, (2) In performance testing shows that media has appropriate function and purpose (3) feasibility test by material expert got average total score of 60,5 from maximum score of 80 with "Feasible” category. Feasibility test according to the media expert got a total score of 87 from the maximum score of 92 with "Very Feasible" category. The results of the implementation test on the users obtained the average total score of 68,9 from the maximum score of 88 with “Feasible” category used as Programming Technique learning media.
Keywords: Research and Development, ADDIE, Instructional Device.
Full Text:
PDFReferences
Branch, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.
Burhan Nurgiantoro. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFEYogyakarta.
Eko Putro Widoyoko. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Muhammad Aji. (2015). Kurikulum 2013. Diakses dari http://kompassiana.com pada tanggal 5 Maret 2017 jam 20.30 WIB.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.