PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH, MINAT BELAJAR, DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA EL SHADAI MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Imanuel Septiano Ferdian Waromi, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Rr. Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah, Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar  secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA El Shadai Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Subyek penelitian adalah 30 siswa kelas XI IPS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah, Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2,3) sebesar 0,640; R2y(1,2) sebesar 0,410; Y = 0,319 X1 + 0,512 X2 + 0,194 X3 + 9,898; dan Fhitung sebesar 6,011 > Ftabel sebesar 2,98 pada taraf signifikansi 5%. Total sumbangan efektif variabel Lingkungan Sekolah, Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yaitu sebesar 41%.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Lingkungan Sekolah, Minat Belajar, Kebiasaan Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.