PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SPREADSHEET SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex-Post Facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet ditunjukkan dengan rx1y = 0,592; r2x1y = 0,351; thitung>ttabel (8,285>1.979); terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet ditunjukkan dengan rx2y= 0,470; r2x2y = 0,176; thitung >ttabel (6,004>1.979);terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet ditunjukkan dengan Ry(1,2) = 0,640; R2y(1,2) = 0,410; Fhitung >Ftabel (43,701>3,07).
Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Spreadsheet
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.