PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DART GAME ACCOUNTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOMPETENSI MENGELOLA KAS KECIL
Isroah Isroah, Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Dart Game Accounting sebagai media pembelajaran untuk meningkatan Motivasi Belajar kelas X Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Dart Game Accounting; (3) mengetahui penilaian siswa kelas X Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten terhadap media pembelajaran Dart Game Accounting; (4) mengetahui peningkatan Motivasi Belajar siswa kelas X Keungan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten setelah menggunakan media pembelajaran Dart Game Accounting. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dart Game Accounting dikembangkan melalui lima tahapan yaitu: a) Analysis, b) Design, c) Development, d) Implementation, dan e) Evaluation; (2) media pembelajaran Dart Game Accounting ini layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: a) Ahli Materi diperoleh rerata skor 4,80 b) Ahli Media diperoleh rerata skor 3,90, dan c) Praktisi Pembelajaran diperoleh rerata skor 4,20; (3) penilaian siswa terhadap media pada uji coba kelompok kecil diperoleh rerata skor 4,33 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan penilaian siswa pada uji coba lapangan diperoleh rerata skor 4,15 yang termasuk dalam kategori Layak; (4) berdasarkan analisis peningkatan motivasi belajar dengan gain score diperoleh peningkatan kategori sedang sebesar 0,35 sehingga media Dart Game Accounting dapat meningkatkan Motivasi Belajar.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Dart Game Accounting, Motivasi Belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.