PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU, LINGKUNGAN KERJA GURU, DAN PERSEPSI GURU MENGENAI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KREATIVITAS GURU AKUNTANSI DALAM PEMBELAJARAN

Reni Listyawati, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Kerja Guru, Lingkungan Kerja Guru dan Persepsi Guru mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kreativitas Guru Akuntansi dalam Pembelajaran di SMK Swasta Program Keahlian Akuntansi se-Kabupaten Klaten Tahun 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Motivasi Kerja Guru, Lingkungan Kerja Guru, Persepsi Guru mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kreativitas Guru Akuntansi dalam Pembelajaran dengan Ry(1,2,3)=0,765,  R2y(1,2,3)= 0,585; Fhitung=17,862; Ftabel=2,85; dan signifikansi 5%; Motivasi Kerja Guru memberikan sumbangan relatif  sebesar 6,28% dan sumbangan efektif sebesar 3,67%, Lingkungan Kerja Guru sumbangan relatif sebesar 10,93% dan sumbangan efektif sebesar 6,39%, dan Persepsi Guru mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah sumbangan relatif sebesar 82,80% dan sumbangan efektif sebesar 48,44%.

 

Kata Kunci: Motivasi Kerja Guru, Lingkungan Kerja Guru, Persepsi Guru mengenai Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kreativitas Guru Akuntansi dalam Pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.