PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang dapat dilihat dari: (1) Pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan Prestasi Belajar Akuntansi sebesar 21,73% dari 26,09% menjadi 47,82%. (2) Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan Prestasi Belajar Akuntansi sebesar 39,12% dari 43,48% menjadi 82,60%. (3) Peningkatan rata-rata nilai yang terjadi pada pre test siklus I sebesar 64,82 meningkat menjadi 69,86 pada post test siklus I. Rata-rata nilai pada pre test siklus II sebesar 70,08 meningkat menjadi 81,39 pada post test siklus II.
Kata Kunci: Make A Match, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.