PENGARUH PERAN GURU, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI KELAS XI SMK NEGERI 1 KLATEN

Akhmad Badaruddin Arofani, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Endra Murti Sagoro, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Pengggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 101 siswa dan uji coba instrumen dilakukan pada siswa AK4 berjumlah 33 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi tiga prediktor, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif Peran Guru, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Pengggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Siswa Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten dengan Ry(1,2,3)= 0,608; y(1,2,3)= 0,370; Fhitung > Ftabel (18,956> 1,395), dan sumbangan efektif sebesar 36,992%.

Kata kunci: Peran Guru, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Akuntansi Siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.